lomba tertib admin 2018 Koja-tiim penilai Lomba  10 Program Pokok PKK Lomba Tertib Administrasi tingkat nasional yang diketuai oleh Nursilah beserta anggota melaksanakan verifikasi lapangan di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, bertempat di RPTRA Rasela, Kamis (26/07). Turut hadir mendampingi tim Ketua TP PKK Tingkat DKI Jakarta Fery Farhati Ganis Anies Baswedan.

Tim tersebut diterima langsung oleh Walikota Jakarta Utara Syamsudin Lologau, Ketua TP PKK Jakarta Utara Rosnawati beserta pengurus, Ketua TP PKK Rawa Badak Selatan Titin D Sutarjo beserta pengurus,  Camat Koja Yusuf Madjid, Plh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Anita, serta Plt Lurah Rawa Badak Selatan Nani.

Walikota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengatakan, tertib administrasi PKK, merupakan salah satu lomba yang diikuti oleh PKK Provinsi DKI Jakarta. Kelurahan Rawa Badak Selatan sampai terpilih menjadi nominasi dalam Lomba 10 Program Pokok PKK melalui proses panjang. Tahapan penilaian tidak begitu saja dilakukan oleh kader PKK,  tapi banyak kegiatan inovasi yang sudah dikembangkan di Kelurahan Rawa Badak Selatan.

Bagi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Kelurahan Rawa Badak Selatan merupakan wilayah yang memiliki potensi luar biasa. Berbagai penghargaan sudah diraihnya. Penghargaan ditingkat kota, provinsi hingga tingkat nasional sudah diraihnya. Keberhasiloan tersbut didukung oleh keguyuban masyarakat, terutama pada pengurus pada tingkat RT dan RW.

“Kelurahan Rawa Badak Selatan baru saja ditetapkan sebagai Kelurahan Inovatif dan Kreatif pada Lurah Awards 2018,”kata Syamsuddin.

Dalam pelaksanaan lomba tertib administrasi PKK, ia menerangkan, berbagai kreativitas juga dikembangkan, salah satu diantaranya adalah mengembangkan Dasa Wisma Online. Pengumpulan  data keluarga pada kelompok dasawisma sudah menggunakan teknologi inforamsi (TI) sehingga proses pengumpulan data keluarga pada kelompok dasawisama dapat dengan cepat dilakukan kader PKK.

“Tertib administrasi PKK tersebut, dalam implementasinya bukan dalam bentuk tata naskah, tapi lebih difokuskan pada 4 Tepat yakni, Tepat Perencanaan, Tepat Pelaksanaan, Tepat Pengawasan dan Tepat Penyimpanan,”ujar Syamsuddin.

Ia kembali menerangkan, berawal dari data potensi keluarga dan permasalahan, dirancang perencanaan program yang akan berupaya menyelesaikan simpul masalah yang dihadapi keluarga. Masalah yang dihadapi tersebut  akan dikelompokkan menjadi kegiatan kelompok kerja (Pokja) PKK. Ada kesinambungan rangkaian prosss untuk mewujudkan keluarga maju, sejahtera mandiri dan bahagia dalam pelaksanaan program Pokok PKK pada akhirnya seluruh rangkaian kegiatan program Pokok PKK tersebut dapat didokumentasikan dengan baik.

“Implementasi Program Pokok PKK di wilayah Jakarta Utara khususnya dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Kami sengaja melakukan penerimaan Tim Penilai Tingkat Nasional di lokasi ini, karena satu tahun terakhir ini, PKK Provinsi DKI Jakarta mengembangkan RPTRA sebagai labotarium PKK. RPTRA dijadikan sebagai sarana pengembangan pelaksanaan kegiatan kelompok kerja PKK, mulai dari Pokja I, II, III dan IV serta kesektariatan,”terang Syamsuddin.

Dalam kesempatan itu, Walikota Jakarta Utara selaku Ketua Dewan Pembina PKK, berharap kepada tim penilai agar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kader PKK yang telah bekerja tanpa pamrih dan tidak kenal waktu.

“Penghargaan dan apresiasi tersebut akan menjadi pemicui semangat kader PKK untuk menjadi agen perubahan pada tatanan keluarga.Tim Penggerak PKK  Jakarta Utara beserta seluruh kader siap mengembankan amanah apabila diberikan kepercayaan menjadi yang terbaik pada pelaksanaan lomba tahun ini,”tambahnya

sumber : jakarta-utara.info

kategori: 

Tim Penilai Tingkat Nasional kunjungi PKK Kelurahan Rawa Badak Selatan