JAKARTA – Masyarakat Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan terus memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan urban farming dengan menanam sayuran seperti sawi hijau, pekcay, kangkung, selada, bayam merah dan hijau, terong, cabai, seledri, kemangi, tomat, wortel. Bahkan hasil dari tanaman ini setiap kali panen mencapai 2 ton.

Selain itu di wilayah tersebut juga melakukan pembinaan warga dengan membentuk Kelompok Wanita Tani. Kelompok tadi yang sudah dibentuk itu ada dua yakni Srikandi RW 03 dan KWT Pandan RT 10/2. Para petani ini melakukan pertanian dengan keterbatasakn areal tanah yang ada untuk ditanami sayur-sayuran.

Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah mengakui saat ini pihaknya terus melakukan pemanfaatan kosong di wilayahnya untuk dimanfaatkan untuk tanaman uban farming. Menurutnya, ini selain untuk menciptakan wilayah yang hijau royo-royo juga mengajak masyarakat kreatif menanam sayur-sayuran.

“Dengan banyaknya sayur mayur selain akan menciptakan wilayah hijau royo-royo juga akan menambah pendapatan keluarga. Sebab hasil tanaman ini selain bisa dikomsumsi sendiri juga bisa di jual,”kata Siti Fauziah.

Ditambahkan Lurah, saat ini sayur-sayuran hasil tanaman para petani ini sudah mulai dipanen. Bahkan hasil panen ini selain dibagi-bagi ke warga juga sebagian dijual ke pasaran.

Sementara, di kawasan Pangadegan, Pancoran, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengunjungi lokasi urban farming. Anggota dewan ini didampingi Lurah Pengadegan, Mursyid, berkeliling ke sejumlah titik perkampungan dimana warga sedang sibuk dengan tanaman hidroponiknya.
“Ini sudah berkali-kali panen. Hasilnya cukup baik. Seperti sayuran premium yang dijual di swalayan-swalayan,” tambah Ketua PKK RW 01 Kristanti saat menunjukkan deretan tanaman sawi yang siap panen.

Kris menambahkan, biasanya, hasil panen dibeli oleh masyarakat setempat dan uangnya masuk dalam uang khas sebagai biaya pembelian nutrisi serta bibit untuk menanam sayuran baru.

Sementara itu Hidayat Nur Wahid pada kesempatan tersebut dukung alam hidroponik ini. Menurutnya selain kawasan akan menjadi hijau royo-royo ini sangat membanggakan bisa saling bekerjasama.

“Saya akan sampaikan kepada Pak Gubernur DKI. Saya akan ingatkan Gubernur untuk memperhatikan ini mudah-mudahan kedepan di Jakarta Selatan melakukan hal yang sama,” tandasnya.

(wandi/sir)

kategori: 

Warga Jaksel Berlomba Manfaatkan Lahan Kosong Tanami Sayuran